-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memakai Tespek ( Test Pack ) Yang Akurat Dan Benar

Kehamilan merupakan salah satu harapan banyak orang. Tidak heran bila mayoritas calon Bunda lebih memilih mempelajari cara memakai tespek yang akurat dan benar. Selain praktis karena bisa dilakukan sendiri di rumah, namun juga menghemat biaya sebab alat tersebut bisa didapatkan mudah di apotek terdekat.

Tahapan dan Cara Memakai Tespek yang Akurat dan Benar 





Sudah bukan suatu rahasia lagi bila alat tes kehamilan tespek terbukti efektif digunakan. Hal ini artinya dapat dipakai sebagai alternatif bagi Anda calon ibu untuk tahapan awal. Meski cenderung mudah namun ternyata harus disesuaikan dengan waktu yang tepat agar hasilnya akurat dan benar.



  • Baca Petunjuk 


Kemunculan alat pengecek kehamilan seperti tespek ini justru memudahkan. Pasalnya Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di apotek atau toko obat terdekat tanpa harus pergi ke rumah sakit. Mengingat kegunaannya banyak dibutuhkan saat ini sehingga tersedia beragam merk pula.

Semua orang bisa memperoleh dan membelinya secara bebas. Tidak perlu khawatir tentang cara penggunaan, karena Anda bisa membacanya secara lengkap petunjuk tersedia pada kemasan terluar. Termasuk simbol-simbol yang berlaku di dalamnya kemudian sekaligus memaknainya.


  • Buka Tutupnya 


Selanjutnya cara memakai tespek yang akurat dan benar dimulai dengan membuka tutup atau bungkusnya. Hal ini perlu dilakukan karena sebelum menggunakannya maka harus dipersiapkan terlebih dahulu. Kemudian setelah itu alat pengecek kehamilan siap digunakan.

Bentuk tespek cenderung menyerupai stik memanjang. Anda bisa menggunakannya dengan mengarahkan ke bawah toilet dan dikenakan langsung dengan kucuran air urin. Tunggu hingga sekitar 5 detik. Beberapa peraturan mengharuskan dicelupkan ke air urin yang telah diletakkan dalam wadah.


  • Perhatikan Batas Max 


Setelah membuka tutup aplikator tespek yang akan Anda gunakan untuk mengecek kehamilan secara langsung. Ketika akan dicelupkan ke urin yang telah tersedia di wadah maupun dikucurkan saat mengalir, tidak bisa sembarangan.

Di setiap tespek bertuliskan tanda Max yang menunjukkan arti bahwa merupakan batas persentuhan stik dengan air kencing. Hal ini menguntungkan sebab pengguna tidak perlu mecelupkan seluruh bagian sehingga akan membuat tangan saat menyentuh terasa kotor.

Anda kini pasti sudah mengetahui cara memakai tespek yang akurat dan benar. Kemudian lakukan secara mandiri di rumah secara berulang untuk mendorong hasil benar. Selain hasil tes, Anda juga bisa melihat kebiasaan atau tanda-tanda sehari-hari sudah muncul agar lebih akurat.


  • Tutup Stik 


Tespek biasa dibungkus dengan berlapis, selain plastik di luarnya juga disediakan penutup aplikator. Ketika sudah digunakan dan terbuka, maka setelah dicelupkan ke dalam air urin harus ditutup kembali. Hal ini dilakukan setelah mendiamkan stik bersentuhan dengan air urin selama kurang lebih 5 detik.

Penutupan stik tespek ini juga dilakukan ketika selesai mendiamkan kucuran air urin sesuai durasi yang ditentukan. Selanjutnya tutup hingga beberapa waktu (tertera pada petunjuk di kemasan terluar), kemudian tunggu hingga muncul hasilnya yang dicirikan dengan tanda garis berwarna merah.


  • Baca Hasil 


Setelah menunggu beberapa detik, maka biasanya hasil dari alat uji tespek akan langsung keluar. Anda bisa melihatnya sendiri tanpa bantuan dokter atau ahli kesehatan. Buka tutup aplikator terlebih dahulu kemudian arahkan pandangan ke garis yang muncul di bagian depan stik.

Setiap merk memiliki cara penunjukan hasil berbeda-beda. Beberapa menggunakan tanda “+” untuk menandakan bahwa Anda hamil dan “-“ berarti tidak mengandung. Sedangkan ada pula yang jelas memakai istilah “Hamil” serta “Tidak hamil”. Bisa juga tanda garis merah sebanyak 2 mengartikan hamil.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Pengecekan 

Perhatikan poin penting di bawah ini saat Anda melakukan tes kehamilan menggunakan tespek agar tidak terjadi kesalahan:


  • Perhatikan Waktu 


Untuk mengecek kehamilan yang akurat menggunakan tespek memang tidak terlepas dari panduan teknis. Anda bisa mendapatkannya melalui pemahaman mandiri terhadap petunjuk di kemasan. Namun pengguna juga perlu memperhatikan waktu pengecekan yang tepat agar lebih mendukung.

Sebaiknya lakukan cek kehamilan menggunakan tespek tidak terburu-buru. Melainkan menunggu selama 1 hingga 2 minggu setelah masa terlambat datang bulan. Hal ini diperlukan untuk mencegah timbulnya kesalahan persepsi. Bisa jadi jika hanya beberapa hari saja maka hasilnya belum dipastikan benar.


  • Pilih Pagi Hari 


Melakukan tes kehamilan memang sebaiknya tidak terburu-buru. Selain memilih rentang waktu 1 hingga 2 minggu setelah mengetahui telah terlambat datang bulan, Anda juga sebaiknya melakukannya pada pagi hari. Hal ini diperlukan karena konsentrasi HCG pada urin sedang tinggi.

Tingginya konsentrasi HCG pada urin di pagi hari cenderung membantu memberikan hasil tes lebih akurat. Apalagi bila Anda melakukan pengecekan sebelum memasukkan makanan maupun minuman termasuk air putih. Hal ini diperlukan karena bisa mempengaruhi keenceran kadar HCG pada air urin.


  • Pastikan Tidak Kadaluarsa 


Selain memahami waktu yang tepat untuk melakukan kehamilan. Juga menguasai cara atau teknis penggunaan alat tespek. Tidak kalah penting lainnya Anda juga harus memastikan terlebih dahulu mengenai tingkat keberfungsian alat tersebut. Paling tidak belum mencapai masa kadaluarsa.

Sebaiknya Anda juga memilih alat tespek kehamilan yang paling baru. Hal ini sangat mempengaruhi hasil dari tes menjadi lebih akurat dan benar. Caranya dapat melihat tanda kadaluarsa, kemudian memeriksa kemasan masih dalam keadaan tersegel, tidak terdapat robekan, serta tanpa lapuk.


  • Mengulangi Lebih dari 1 


Mengecek kehamilan memang pada tahapan awal tidak memerlukan ke dokter. Hal ini karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun terkadang banyak faktor yang mempengaruhi mengenai hasil tes yang kurang valid sehingga tidak bisa dipercaya dan sebagainya.

Untuk lebih memberikan rasa yakin¸ sebaiknya Anda melakukan tes atau pengecekan menggunakan tespek lebih dari satu kali. Hal tersebut diperlukan karena biasanya bisa jadi percobaan awal justru memunculkan hasil berbeda-beda.


  • Perhatikan Perbedaan Hasil 


Biasanya para wanita saat melakukan pengecekan kehamilan menggunakan alat bantu tespek tida hanya satu. Hal ini karena hasilnya akan lebih akurat bila ditentukan lebih dari satu. Namun tetap Anda dapat memperhatikan terlebih dahulu mengenai tanda yang muncul jika lebih dari satu.

Terkadang ada pengukuran yang memunculkan 2 tanda sekaligus. Jika dilakukan lebih dari satu kali masih menunjukkan yang sama, bisa ditanyakan terkait status kehamilan ke dokter. Namun biasanya jika garis menandakan positif dan negatif bersamaan bisa jadi diartikan sebagai kehamilan yang akan gugur di usia 3 sampai 4 minggu.


  • Tidak Terlalu Cepat Menyimpulkan 


Jika Anda sudah melakukan beberapa tahapan di atas. Maka pasti mengetahui kehasilan kehamilan. Namun tetap sebaiknya tidak terlalu cepat menyimpulkan sendiri tanpa dokter. Hal ini karena tespek hanya merupakan alat bantu pengecekan tetapi tahapan akhir tetap dipastikan di rumah sakit.

Meski Anda telah melakukan percobaan lebih dari satu kali. Bukan berarti hasil yang diperoleh sudah akurat. Melainkan pengguna tetap harus mempertimbangkan faktor atau gejala lainnya yang mendukung tanda-tanda kehamilan. Seperti memantau beberapa minggu ke depan.

Demikian ulasan terkait cara memakai tespek yang akurat dan benar, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.