-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Regist / Unreg Kartu All Operator (Telkomsel, XL, Axis, Smartfren, Tri, Indosat, By.u, Dll)

Sebelum menggunakan perdana untuk melakukan berbagai aktivitas digital, Anda harus mengetahui cara regist / unreg kartu all operator (telkomsel, XL, Axis, Smartfren, Tri, Indosat, By.u, dll). Prosesnya tidak terlalu sulit bahkan pengguna tak dipungut biaya apapun alias gratis saat melakukannya.

Beberapa Cara Regist / Unreg Kartu All Operator 

Cara Regisr/Unreg Kartu All Operator


Hingga saat ini, setidaknya ada sekitar lebih dari 7 jumlah provider yang ada di Indonesia dan bisa lebih. Apabila ingin menggunakannya, maka para pengguna harus melakukan registrasi tersebut sehingga terdaftar secara resmi. Adapun langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:


  • Kartu Telkomsel (Simpati, Loop dan Kartu As) 

Telkomsel merupakan salah satu provider yang populer di kalangan masyarakat, karena akses jaringannya yang luas serta memiliki beragam kelebihan lain. Untuk bisa menggunakannya secara leluasa, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu, baik melalui SMS ataupun website.

Registrasinya sangat mudah, apabila melalui SMS cukup ketik pesan berupa ULANG(spasi)Nomor NIK#Nomor KK# lalu kirim ke 4444 atau bisa kunjungi www.telkomsel.com. Telkomsel sendiri terdiri dari Simpati, Loop dan Kartu As. Jika Anda salah satu di antaranya, maka bisa menggunakan cara tersebut.


  • Kartu Indosat Ooredoo 

Registrasi menggunakan provider Indosat juga hampir sama dengan kartu operator Telkomsel. Pengguna juga bisa memilih antara melalui SMS atau website. Apabila Anda ingin mendaftar lewat pesan singkat cukup ketik ULANG#Nomor NIK#Nomor KK lalu kirim format pesannya ke 4444.

Akan tetapi, apabila Anda merupakan pelanggan baru cukup mengetik Nomor NIK#Nomor KK saja lalu kirimkan format SMS tersebut ke 4444. Namun, jika ingin melakukan registrasi via website, pengguna hanya perlu memasukkan nomor telepon, KK, dan KTP saja ke laman web mym3.indosatooredoo.com.


  1. Kartu Tri (Prabayar) 


Kartu prabayar Tri merupakan salah satu provider yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat terutama kaum pelajar sekolah dan mahasiswa. Hal ini dikarenakan harga untuk membelinya cukup murah sehingga tak akan menguras kantong. Cara registrasinya juga bisa dilakukan melalui SMS atau website.

Apabila ingin registrasi via SMS, maka bagi pelanggan lama perlu mengetik ULANG#NIK#Nomor KK. Tetapi bagi calon pengguna kartu Tri Anda harus membuat format Nomor NIK#Nomor KK lalu mengirimkannya ke 4444. Opsi lain adalah mengunjungi website provider-nya, yaitu registrasi.tri.co.id.


  • Kartu XL 

Kartu XL juga termasuk ke dalam salah satu pilihan tepat untuk digunakan oleh berbagai kalangan, karena harganya relatif murah serta memiliki jaringan yang luas. Cara registrasi operator tersebut hampir sama dengan provider sebelumnya, yaitu bisa melalui via SMS atau mengunjungi website resminya. 

Website resmi dari kartu XL adalah xl.co.id. Anda bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun asalkan memiliki jaringan internet. Selain itu, registrasi juga dapat dilakukan melalui SMS, yakni dengan mengetik ULANG#Nomor NIK#Nomor KK atau DAFTAR#Nomor NIK#Nomor KK (pengguna baru) kirim ke 4444. 


  • Kartu Axis 


Registrasi menggunakan kartu Axis memiliki cara yang sama dengan operator XL, yakni bisa melalui SMS atau mengunjungi website resminya. Jika ingin regist via pesan singkat, maka cukup ketik format ULANG#Nomor NIK#Nomor KK atau DAFTAR#Nomor NIK#Nomor KK (pengguna baru) kirim ke 4444.

Selain itu, registrasi juga dapat dilakukan dengan mengunjungi website resmi Axis, yaitu axis.co.id. Di sana pengguna harus memasukkan nomor telepon, KTP dan juga KK. Untuk memastikan berhasil atau tidaknya proses tersebut, Anda bisa mengeceknya dengan melakukan panggilan dial ke *123*4444#.


  • Kartu Smartfren 

Provider Smartfren sendiri menyediakan cara yang lebih sederhana, sehingga mudah untuk dilakukan oleh para penggunanya dengan berbagai kalangan usia. Apabila Anda ingin melakukan regist via SMS, maka cukup ketik format Nomor NIK#Nomor KK saja lalu kirimkan pesan singkat tersebut ke 4444.

Cara tersebut berlaku bagi pelanggan lama ataupun pengguna baru dan tentu saja tidak memungut biaya sepeser pun. Namun, jika ingin registrasi secara online, maka bisa mengunjungi website resmi dari Smartfren, yakni my.smartfren.com. Di sana Anda akan dimintai data berupa nomor HP, KTP dan KK.


  • Kartu by.U 


Kartu by.U mungkin memang tidak terlalu populer di kalangan masyarakat. Namun ternyata provider tersebut merupakan keluaran dari operator Telkomsel dan memiliki beberapa keunggulan. Seperti membebaskan penggunanya untuk memilih nomor cantik sesuai keinginan mereka. Menarik, bukan?

Untuk melakukan registrasi pada by.U memang sedikit berbeda dengan operator lain. Setelah kartu perdana dimasukkan ke dalam smartphone, maka pengguna akan langsung mendapati perintah memasukkan identitas berupa nomor NIK atau KTP dan KK sehingga bisa dilakukan secara lebih cepat


  • Kartu Hinet 


Apabila Anda sedang membutuhkan akses internet yang super cepat dan tanpa gangguan apapun, maka bisa melirik Hinet. Operator satu ini memang tidak terlalu populer di telinga masyarakat, namun kecepatannya tak bisa diragukan lagi. Terlebih salah satu produk terbaiknya, yaitu MiFi.

Salah satu keunggulan menggunakan Hinet adalah proses aktivasi dan registrasinya yang sederhana. Sebelumnya Anda perlu mengunduh aplikasinya di Google Play Store lalu masuk menggunakan nomor akun dan PUK. Selanjutnya pengguna tinggal mengisi formulir berupa data diri saja. Mudah, bukan?


  • Kartu Net1 

Satu lagi jenis provider yang jarang diketahui oleh masyarakat di Indonesia. Net1 tergolong ke dalam operator dengan jaringan 4G terbaik dan tercepat. Proses registrasinya pun tidak jauh beda dengan jenis kartu lain, akan tetapi hanya bisa dilakukan secara online, yakni melalui website resminya.

Sama seperti operator lain, agar proses registrasi berjalan dengan lancar pastikan koneksi internet Anda stabil dan jangan lupa untuk menyiapkan dokumen berupa KTP. Untuk input-nya sendiri sedikit berbeda, yakni pengguna perlu memotret Kartu Tanda Penduduk lalu diupload ke laman register-baru.net1.co.id.

Cara Unreg Kartu Prabayar Semua Operator 

Unreg atau pembatalan registrasi biasanya digunakan ketika Anda ingin mengganti nomor atau beralih ke provider lain. Perlu diketahui nomor NIK yang dipakai untuk proses regist hanya berlaku sebanyak 3 kali saja. Maka sebaiknya melalukan pendaftaran ulang agar lebih aman melalui cara-cara berikut:

1.Melalui SMS dan Kode Dial 

Unreg atau pembatalan registrasi bisa dilakukan via SMS, yakni dengan mengirimkan pesan singkat berisi format yang sesuai dengan operator. Jika Anda menggunakan provider Telkomsel, XL, Indosat dan Smartfren, maka cukup mengetik UNREG#Nomor NIK lalu kirimkan ke 4444.

Apabila cara tersebut belum berhasil, maka lakukan opsi kedua, yakni mengirim format lain seperti UNREG#Nomor HP. Khusus pengguna Telkomsel, Anda juga bisa melakukannya dengan melakukan panggilan dial ke nomor *4444#.

2.Melalui Website Resmi Operator 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa registrasi secara online juga bisa digunakan oleh para pengguna kartu prabayar. Maka pembatalan regist juga dapat dilakukan melalui cara yang sama, yakni dengan mengunjungi website resmi dari operator tersebut.

Khusus pengguna Tri, by.U, Hinet dan Net1 maka pembatalan registrasi dilakukan secara online atau langsung kepada aplikasi yang sudah disediakan masing-masing provider. Tunggu beberapa saat, maka proses unreg sudah selesai dan nomor NIK Anda bisa dipakai untuk regist lain.

Itulah ulasan super lengkap mengenai cara regist / unreg kartu all operator (telkomsel, XL, Axis, Smartfren, Tri, Indosat, By.u, dll) yang dapat Anda ikuti ketika ingin melakukan registrasi ulang atau bahkan membatalkannya. Selamat mencoba!