-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Supaya Cepat Move On Dari Masalah Apapun

Urusan menyembuhkan hati memang bukan perkara mudah. Terlebih apabila luka yang terjadi ditimbulkan oleh orang tersayang. Hidup sejatinya menuntut semua orang untuk tetap terus berjalan ke depan. Jadi cobalah agar selalu menghadapinya, lantas bagaimana cara cepat move on dari masalah apapun?

Cara Supaya Cepat Move On Dari Masalah Apapun



13 Cara Cepat Move On dari Masalah Apapun  


Masalah memang terkadang hadir tanpa perlu diundang sebelumnya. Rasa sakit ataupun kesal setelahnya menjadi perkara hebat bagi setiap manusia untuk meminta cepat disembuhkan. Berikut obatnya:
  • Menangis  
Menangis memang masih dikenal sebagai salah satu tingkah laku untuk menunjukkan kelemahan. Namun sebagai normalnya seorang manusia dan hal ini wajar saja jika terjadi. Meluapkan segala amarah ataupun penyesalan bisa dikeluarkan lewat keluarnya air mata ini.

Menangis sekencang-kencangnya dapat meringankan segala beban yang tengah dirasakan. Setiap orang pasti akan merasakan perasaan lebih lega setelahnya. Oleh karena itu, hal ini wajar saja untuk dilakukan karena manusia memang tidak selamanya bisa kokoh dengan banteng pertahanannya.

  • Melakukan Hal yang Menyenangkan  
Apabila sudah merasa lega karena segala beban sudah diluapkan ketika menangis, maka selanjutnya adalah mulai melupakan masalah tersebut dengan perlahan. Melakukan hal yang menyenangkan atau sekedar hobi bisa menjadi alternatif untuk melupakannya.

Misalnya jika masalahnya ialah adalah patah hati. Anda bisa melakukan hal-hal menyenangkan seperti menonton film, pergi berlibur atau kegiatan lainnya. Poin terpentingnya adalah lakukan tanpa harus mengingat orang-orang yang telah menyebabkan kesedihan tersebut.

  • Menyibukkan Diri  
Salah satu kegiatan untuk cepat melupakan segala masalah yang terjadi adalah menyibukkan diri. Orang-orang cenderung akan mengingat kesedihan apabila mereka sedang tidak ada pekerjaan. Tentu saja hal ini perlu dihindari agar tidak memperparah perasaan tersebut.

Kegiatan menyibukkan diri dengan hal positif bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang agar segera melupakan segala kesedihan. Anda dapat mengikuti berbagai pelatihan atau sekedar seminar guna menambah wawasan dan tentunya memberikan manfaat bagi kehidupan.

  • Mengatur Ulang Rutinitas  
Biasanya timbulnya sebuah masalah akan mengubah rutinitas hidup bagi sebagian orang. Bahkan tidak sedikit yang merusak kegiatan sehari-harinya karena adanya suatu permasalahan. Hal ini tentu saja perlu dihindari agar segala kesedihan tidak dirasakan secara berlarut-larut.

Mengatur jadwal untuk dilakukan sehari-hari dapat menjadi alternatif agar rutinitas sebelumnya tidak berantakan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa kegiatan menyenangkan, seperti hang out bersama teman atau makan bareng keluarga agar tidak dilakukan seorang diri.

  • Love Your Self  
Cara yang paling penting adalah mencintai diri sendiri. Pedoman ini nantinya akan berguna apabila terjadi suatu masalah, maka seseorang bisa berpikir secara waras dan sehat demi menyembuhkan kesedihan tersebut.

Love your self dapat dilakukan melaui cara menanamkan keyakinan, bahwa diri Anda akan mendapatkan suatu kebahagiaan setelah adanya masalah. Dengan begitu, orang-orang bisa lebih mudah melewati segala rintangan dalam kehidupan untuk senantiasa terus berjalan ke depan.

  • Menyingkirkan Segala Hal Tentang Masalah Tersebut  
Segala kegiatan positif akan sia-sia dilakukan apabila masih mengingat akar permasalahan yang sedang terjadi. Meskipun membutuhkan usaha cukup keras, namun percayalah hal ini menjadi poin penting untuk cepat move on dari segala masalah apapun.

Segala hal yang mengingatkan tentang suatu permasalahan seperti foto kenangan, barang pemberian ataupun ingatan lainnya perlu dihindari bahkan dibuang. Anda harus isa menjau dari hal-hal tersebut. Dengan begitu usaha untuk move on bisa cepat dilakukan.

  • Curhat  
Mencurahkan segala kesedihan kepada orang terdekat dipercaya bisa meringankan beban yang sedang dirasakan. Ceritakan semuanya agar Anda merasa didengarkan dengan baik. Bahkan tanpa meminta mereka memberi solusi pun, hati dan perasaan akan lebih lega setelahnya.

Pilihlah orang terpercaya untuk senantiasa mendengar keluh kesahmu. Pendengar yang baik tentu tidak akan memotong pembicaraan setelah Anda benar-benar menyelesaikan bercerita. Hingga saat ini, curhat masih menjadi pilihan pertama ketika seseorang sedang ditimpa sebuah masalah.

  • Menjalin Sosialisasi Baru  
Berkenalan dengan orang banyak tentu saja akan membuat pikiran menjadi lebih luas. Nantinya kesadaran bahwa semua manusia juga ditimpa permasalahan masing-masing bisa tertanam dengan sendirinya.

Kesadaran tersebut bisa memunculkan perasaan syukur karena masalah yang sedang dihadapi tidak sebesar dari permasalahan orang lain. Dengan menjalin sosialisasi baru, secara tidak langsung Anda akan mendapatkan dukungan terutama berupa mental yang kuat.

  • Introspeksi Diri  
Introspeksi diri memang sangat penting untuk dilakukan. Setidaknya Anda dapat menyadari kekurangan atau kesalahan apa yang telah diperbuat hingga suatu masalah dapat terjadi. Nantinya dari kesadaran tersebut membuat seseorang bisa lebih berpikir positif kedepannya.

Introspeksi diri memang bertujuan untuk memperbaiki kualitas seseorang. Dengan melakukan hal tersebut, tentu saja Anda akan mengambil sisi positif dari suatu masalah tanpa melihatnya menggunakan sudut pandang negatif.

  • Menulis Diary  
Meskipun dikenal sebagai cara jadul, namun hal ini bisa saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk mengetahui kegiatan sehari-harinya. Bahkan, biasanya mereka akan menuliskan apa saja penyebab perasaan sedih maupun senang pada hari itu.

Bagi Anda yang belum memiliki orang kepercayaan untuk mencurahkan segala kesedihan, cara ini bisa dilakukan. Tentu saja, efek setelahnya pun hampir sama. Perasaan lega serta beban terasa lebih ringan akan dirasakan sehabis menuliskannya di sebuah buku diary.

  • Liburan  
Pergi berlibur terkadang menjadi salah satu alternatif bagi kebanyakan orang untuk sekedar melarikan diri dari sebuah masalah. Hal ini memang wajar apabila dilakukan, mengingat bahwa liburan akan membawa ke sebuah tempat indah dan menyenangkan.

Berlibur ke tempat yang menyenangkan akan membawa perasaan lebih santai dan melupakan masalah meskipun hanya sementara. Anda bisa menyadari bahwa destinasi liburan tersebut sangat sayang jika sekedar dirasakan untuk meratapi kesedihan.

  • Memperbanyak Ikhlas  
Keikhlasan memang susah dimiliki bagi kebanyakan orang. Dalam menghadapi masalah tentu saja akan dirasa lebih mudah apabila mereka cepat mengikhlaskannya. Jadi cobalah untuk meningkatkan perasaan ikhlas ketika sedang berusaha melupakan segala sesuatu.

Meskipun memang susah dilakukan, namun mengikhlaskan suatu masalah akan mempercepat untuk melupakan kesedihan yang sedang terjadi. Jadi serahkan segala permasalahan tersebut hanya kepada Tuhan. Cara ini menjadi paling ampuh ketika merelakan semua beban dalam kehidupan.

  • Memperbanyak Ibadah  
Cara yang terakhir yaitu memperbanyak ibadah. Kegiatan mendekatkan diri kepada Tuhan memang dipercaya ampuh untuk memperoleh ketenangan serta mendapatkan solusi atas masalah kehidupan. Manfaat lainnya Anda akan menyadari bahwa hidup ini hanyalah sementara.

Kehidupan sementara sangatlah sia-sia jika hanya diisi dengan kegiatan negatif dan tidak penah mendapatkan manfaat apapun. Meskipun sudah menjadi kewajiban bagi umat beragama, meningkatkan ibadah kepada Tuhan bisa jadi cara efektif untuk melupakan segala permasalahan.

Suatu permasalah memang menjadi rintangan bagi semua orang dalam menjalani kehidupan. Dengan 13 cara cepat move on dari masalah apapun tersebut, semoga bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa kesedihan dan penyesalahan yang sedang dirasakan.