-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti Sendiri Saat Di Buka

Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi Android telah berhenti sendiri saat di buka yang harus kamu ketahui.

HP (Handphone) yang kamu sedang pegang sekarang pastinya memiliki beragam aplikasi yang terinstall, baik itu aplikasi bawaan HP ataupun aplikasi yang kamu download sendiri dari playstore.

Banyaknya aplikasi yang terinstall tentunya memiliki pengaruh terdahap kinerja HP (handphone).

Hal tersebutlah yang menjadi penyebab masalah “sayangnya aplikasi telah berhenti” pada HP (Handphone).

Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti Sendiri Saat Di Buka

Jenis-jenis Notifikasi Aplikasi Android Telah Berhenti Sendiri


Ada beberapa notifikasi atau pesan peringatan mengenai aplikasi Androi telah berhenti sendiri saat dibuka.
Berikut inilah beberapa jenis notifikasi atau pesan peringatannya:
  1. Sayangnya, aplikasi telah berhenti.
  2. Sayangnya, aplikasi tidak menanggapi.
  3. unfortunately, app has stopped.
  4. sayangnya, com.android.process telah berhenti.
Jika kamu menemukan atau mengalami masalah tersebut di HP (Handphone) mu, maka jangan panik dulu karena ada cara mengatasi aplikasi telah berhenti sendiri saat dibuka.

Nah oleh sebab itu saya akan membahas semua penyebab aplikasi telah berhenti dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Aplikasi Telah Berhenti Saat Dibuka


Pertama kita bahas dulu penyebab aplikasi telah berhanti sendiri saat dibuka, karena untuk bisa mengatasi masalahnya tentu kamu harus tahu terlebih dahulu penyebabnya tersebut.

1. Memomi RAM HP (Handphone) Penuh


Dari hasil studi kasus yang saya lakukan didapatkan hasil bahwa Ram HP (Handphone) yang kecil misalnya hanya 1024 MB sering mengalami masalah “force close” atau berhenti sendiri saat dibuka.

Hal tersebut disebabkan oleh terlalu banyaknya proses yang berjalan dari aplikasi yang terinstall pada HP (Handphone) kamu, dan Ram HP mu tidak mampu menangani semua proses dari aplikasi yang terinstall tersebut.

Jadi ketika Ram HP sudah penuh oleh proses aplikasi maka kemungkinan aka nada beberapa aplikasi yang mengalami masalah “force close” atau berhenti sendiri saat dibuka.

Namun ada juga HP dengan Ram yang cukup besar mengalami masalah tersebut, kenapa bisa seperti itu?

 Hal tersbut disebabkan oleh terlalu banyaknya aplikasi yang diinstall pada HP (Handphone) dan banyak aplikasi yang berjalan dibackground.

Tanpa disadari hal itulah yang menjebabkan aplikasi berhenti sendiri saat dibuka.

2. File Cache HP Menumpuk


Pada setiap HP (Handphone) pasti mempunyai file cache atau file sementara dari proses berjalannya aplikasi yang terinstall.

Nah dari banyaknya aplikasi yang terinstall maka file cachenya juga pasti banyak atau menumpuk.
Jika file cache menumpuk terlalu banyak sampai penyimpanan HP atau Ram HP mu hampir penuh, maka HP kamu akan terasa lemot atau berat.

Karena HP kamu sudah lemot akibat file cache menumpuk maka aplikasi akan berhenti saat pertama kali dibuka.

3. Koneksi Internet Lemot


Dari studi kasus yang saya lakukan ketika bermain game online dan koneksi internet lemot maka aplikasi game online tersebut tiba-tiba berhenti dan langsung keluar menutup aplikasi.

4. Aplikasi Tidak Compatible


Aplikasi yang tidak compatible atau aplikasi yang tidak cocok dengan system operasi HP kamu atau dengan hardware HP dapat menyebabkan aplikasi menjadi error, dan salah satunya masalahnya adalah aplikasi telah berhenti dengan sendirinya saat dibuka.

Contoh dari studi kasus aplikasi A compatible dengan HP Android Lollipop (Android 5.0), kemudian kamu install pada HP Android jellybean atau Kitkat (Android 4.4), maka terjadi sebuah system error dari aplikasi tersebut karena beda versi Android yang digunakan.

Dari hal tersebutlah sering munculnya masalah notifikasi dan aplikasi telah berhenti saat dibuka.

Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti Sendiri Saat Dibuka Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab aplikasi kamu telah berhenti sendiri saat dibuka, maka kamu pasti tahu mana yang menjadi penyebab aplikasi pada HP kamu berhenti.

Namun kamu masih bingung cara mengatasinya bagaimana, tenang saya akan bahas tips cara mengatasi aplikasi telah berhenti sendiri saat dibuka, dibawah ini.

1.Restart HP (Handphone)


Dengan restart atau reboot HP (Handphone) maka system HP kembali pada keadaan awal sebelum banyak aplikasi yang berjalan pada background.

Cara ini banyak dilakukan oleh orang-orang dan terbukti berhasil, namun tidak untuk jangka waktu yang lama.

Karena lambat laun aplikasi yang ada pada HP kamu akan berjalan pada backgournd dan semakin banyak kamu membuka aplikasi yang berbeda maka kemungkinan masalah aplikasi telah berhenti akan muncul lagi.

Namun kamu juga dapat mecoba cara yang kedua, dibawah ini.

2.Hapus Semua Cache Aplikasi


Dengan dihapusnya semua cache aplikasi di HP kamu maka penyimpanan atau Ram HP kamu menjadi lebih banyak space yang tersedia, atau Ram HP kamu tidak penuh.

Jika Ram HP kamu tidak penuh maka kamu dapat membuka beberapa aplikasi yang telah kamu download dari playstore.

Dikarenakan system HP kamu masih mampu menangani proses berjalan dari aplikasi tersebut.

Dan untuk cara menghapus cache aplikasi kamu dapat buka menu pengaturan, kemudian setelan tambahan , lalu management aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cachenya, setelah itu klik hapus cache.

3. Hapus Semua Data Aplikasi 


Cara yang ketiga adalah dengan mengahapus semua data aplikasi yang terinstall pada HP (Handphone) kamu.

Perlu kamu garis bawahi bahwa ini tidak akan menghapus aplikasi dari HP kamu, namun yang dihapus adalah data aplikasinya, seperti cache, riwayat login, bookmark, dan data lainnya.

Dengan begitu penyimpanan HP kamu akan lebih banyak sehingga nantinya dapat menangani proses aplikasi berjalan dari aplikasi yang selanjutnya kamu buka.

Cara menghapus data aplikasinya sangat mudah, pertama kamu buka pengaturan, kemudian setelan tambahan, lalu manajemen aplikasi, setelah itu pilih aplikasi yang akan dihapus datanya dan klik hapus data.

4.Paksa Berhenti Aplikasi Yang Tidak Digunakan


Dengan memaksa berhenti aplikasi yang tidak digunakan maka Ram HP kamu tidak akan penuh dengan proses berjalan dari aplikasi tersebut.

Cara memaksa berhenti aplikasi yang tidak digunakan juga sangat mudah, yaitu kamu buka pengaturan, selanjutnya buka setelan tambahan, dan klik manajemen aplikasi, kemudian pilih aplikasi mana yang ingin kamu paksa berhenti untuk menghemat pemakaian Ram HP kamu, setelah itu klik paksa berhenti.

5.Update Aplikasi


Dengan mengupdate aplikasi lewat playstore maka bugs atau error dari aplikasi sebelumnya hilang dan diganti dengan aplikasi terbaru yang lebih sempurna lagi.

Cara ini patut kamu coba terlebih dahulu jika Aplikasi di HP kamu telah berhenti saat dibuka.

6.Update System Operasi Android


Dengan mengupdate system operasi HP Android kamu maka aplikasi yang tadinya tidak compatible akan menjadi compatible atau cocok.

Jika seperti itu maka tidak aka ada masalah aplikasi telah berhenti sendiri saat dibuka.

Untuk cara yang satu ini kamu harus pergi ke took service HP (Handphone) agar tidak terjadi masalah saat proses update system operasi.

Selain itu untuk mengupdate system operasi Android tidaklah mudah perlu keahlian khusus dan alat yang mumpuni.

7.Install Ulang Aplikasi Yang Bermasalah


Cara mengatasi aplikasi telah berhenti sendiri saat dibuka yaitu salah satunya dengan install ulang aplikasi yang bermasalah tersebut.

Dengan begitu system aplikasi akan kembali kesemula, dan bisa menghemat Ram HP kamu juga walaupun hanya beberapa persen.

8. Reset HP (Handphone) Ke Setelan Pabrik


Cara yang satu ini bukan cara yang terbaik sebenarnya namun jika semua cara diatas gagal maka jalan satu-satunya adalah dengan reset HP ke setelan pabrik lagi.

Tentunya semua cache aplikasi, data aplikasi, dan aplikasinya sendiri akan ikut terhapus dan kembali ke kondisi awal sebelum menginstall aplikasi apapun dari playstore, yang ada hanya aplikasi bawaan system saja.

Sampai disini kamu sudah mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi aplikasi telah berhenti sendiri saat dibuka.

Oleh sebab itu sekian saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, aamiin.