-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Link / Tautan Yang Aman Atau Tidak Saat Ingin Di Klik

Berselancar di dunia maya yang terhubung dengan internet sudah menjadi aktifitas yang rutin dikerjakan sehari-hari. Mencari informasipun sangat mudah di temukan melalui internet. Tidak hanya memilki beberapa manfaat yang di iming-imingi oleh kemudahan dan kecepatan, di internet juga dapat memberikan efek negatif bagi smartphone.

Cara Mengetahui Link / Tautan Yang Aman Atau Tidak Saat Ingin Di Klik

Banyak sekali laman yang menyediakan berbagai informasi yang kita butuhkan. Tapi apa pernah kalian menemukan link atau alamat web yang mencurigakan? Setelah mengklik link itu hp kalian terjadi suatu masalah atau kerusakan? Atau saat kalian mengklik link tujuan tetapi selalu dialihkan pada laman lain? Nah saat ini banyak link atau alamat web berbahaya yang bersifat menipu dan mengandung virus berbahaya atau malware bagi gadget seperti smartphone maupun perangkat komputer. Jadi bagaimana caranya agar kita tahu link yang akan kita klik berbahaya atau tidak? 

Berikut Beberapa Cara Untuk Mengetahui Link / Tautan Yang Akan Di Klik Aman Atau Justru Berbahaya


Virus Total adalah web yang bisa mendeteksi virus secara online. Selain itu Virus Total juga dapat mengetahui link yang akan kita tuju mengandung virus atau tidak. Caranya sangat mudah cepat. Kalian hanya tinggal masuk ke alamat web Virus Total dan masukkan link tujuan pada kolum yang tersedia lalu klik 'scan it'. Setelah beberapa saat Virus Total akan memberikan info tentang link tersebut apakah aman atau tidak. Jika link yang kamu tuju aman dari bahaya virus atau malware, Detection Ratio akan menunjukkan warna hijau. Jika link yang kamu tuju berbahaya dan mengandung virus atau malware Detection Ratio akan menunjukkan warna merah sebagai peringatan.

Tidak jauh berbeda dengan Virus Total, UnShorten.it juga bisa mendeteksi link tujan aman atau tidak untuk di kunjungi. Bedanya dengan Virul Total adalah, laman ini mendeteksi link yang sudah di perpendek dengan laman lain. Jika biasanya alamat link sangat panjang, sekarang banyak sekali link untuk memperpendek link agar mudah dibagikan kepada orang lain. Tapi, kita tidak tau apakah hasil peroendek link tersebut aman atau tidak. Untuk mengetahuinya kita cuma butuh memasukan alamat link atau web ke kolum yang disediakan oleh UnShorten.it. Jika link yang sudah di periksa oleh UnShorten.it aman dan bisa di kunjungi, maka Safety Ratings akan sepenuhnya menampilkan warna hijau.

UnMask Parasites adalah laman yang mudah dan memiliki peranan penting untuk di gunakan apabila kamu untuk menghindari beberapa masalah seperti pengalihan link ke laman lain, mengetahui link tersebut banyak mengandung spam dan virus berbahaya atau malware. Cara menggunakan laman ini juga cukup mudah. Masukkan link tujuan pada URL yang tersedia untuk di periksa, lalu klik 'check'. Kemudian UnMask Parasites akan memberi peringatan berwarna merah untuk link berbahaya dan warna hijau untuk link yang aman untuk di kunjungi.

URL Void adalah laman terpecaya untuk memeriksa link yang mengandung virus atau malware karena URL Avoid dapat memeriksa URL lebih dari 30 antivirus engine yang tersohor dan terpercaya. Tidak perlu dengan cara yang rumit dan membingungkan URL Avoid sangat mudah untuk digunakan. Caranya adalah memasukkan link dalam kolum yang sudah disediakan lalu klik 'scan now'. URL Avoid akan memberi tahukan tanda 'clean' berwarna hijau apabila link aman dari segala macam virus dan malware. Tanda 'Detection' dengan warna merah akan keluar apabila link mengandung virus berbahaya yang bisa mengancam keselamatan perangkat smartphone anda.

Nah untuk cara terakhir ini anda bisa analisa sendiri mana yang aman atau tidak untuk di klik , tentu anda pasti tahukan link yang berbahaya, saya anggap kalian sudah tau semua karena kan kita semua pasti pernah ketemu link / url maupun tautan yang mencurigakan, pada dasarnya bila ada yang sangat kalian curigakan sebaiknya jangan di klik sembarangan ya.. bisa dulu cek / gunakan cara yang di atas kembali.
Itulah sedikit informasi dari artikel kali ini "Semoga Bermanfaat"