-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Minta Naik Gaji Yang Harus Anda Ketahui, Berikut Tipsnya

Sebagai orang yang bekerja di sebuah perusahaan, gaji menjadi satu-satunya pendapatan sebagian besar masyarakat Indonesia. Karena setiap tahun biaya hidup semakin meningkat, gaji yang didapat pun terkadang terasa kurang cukup. Tidak heran, banyak orang yang memilih untuk mencari pekerjaan lain yang menawarkan gaji yang lebih tinggi. Namun, banyak pula yang tetap bertahan di pekerjaan yang sama karena tidak ada pilihan lain. Ada satu cara yang bisa Anda terapkan untuk bisa naik gaji dan tetap di pekerjaan Anda saat ini. Cara ini memerlukan rasa tekad, yaitu melakukan negosiasi naik gaji ke atasan.

Ketika melakukan negosiasi, pastikan bahwa Anda sudah mengukur performa Anda selama bekerja. Bila Anda memang mencapai target dan bekerja dengan maksimal, jangan ragu untuk meminta naik gaji. Apalagi apabila Anda sudah bekerja cukup lama di perusahaan tersebut.


Berikut adalah beberapa cara elegan untuk minta naik gaji:

1. Mengetahui "Harga dan Nilai" Anda

Pada umumnya, setiap jenis pekerjaan memiliki standar gaji nasional atau internasional berdasarkan jenis pekerjaan dan pengalaman pekerja. Hal pertama yang Anda harus lakukan yakni mencari tahu rata-rata gaji untuk pekerjaan Anda dengan lama pengalaman yang kurang lebih. Anda dapat mencarinya di internet atau bertanya ke rekan kerja yang jabatannya sama dengan Anda. Apabila Anda memiliki teman atau kenalan di perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, Anda juga dapat menanyainya.

2. Mengetahui Momen yang Pas

Membaca situasi adalah suatu keharusan. Coba amati apakah perusahaan Anda sedang berada dalam kondisi yang baik atau buruk. Apabila perusahaan sedang mengalami kondisi perekonomian yang kurang baik, lebih baik Anda menunggu hingga tiba momen yang tepat. Momen yang pas sangatlah penting ketika Anda ingin minta kenaikan gaji. Tunda sebentar hingga kondisi ekonomi perusahaan membaik dan Anda dapat mengajukannya kenaikan gaji dengan peforma kerja Anda yang baik.

3. Menyampaikan secara Langsung

Jangan mengajukan kenaikan gaji melalui email. Banyak pegawai yang minta naik gaji dengan mengirim email yang sebenarnya cara ini tidaklah elegan. Tidak heran usaha mereka gagal. Apabila Anda ingin membicarakan topik penting, seperti uang dan gaji, lakukan secara langsung. Anda akan terlihat lebih bertanggungjawab ketika Anda menyampaikannya secara langsung. 

4. Membuat Janji itu Harus

Karena atasan kita membawa tanggung jawab yang lebih besar dari kita, tentulah mereka sangat sibuk. Apabila kita tidak membuat janji dan langsung menemui mereka tanpa persiapan, bersiaplah mendapat jawaban 'tidak' dari atasan Anda. Buatlah janji untuk bertemu dengan atasan melalui email, sampaikan tujuan dan agenda Anda, dan mintalah waktu mereka sebentar untuk mendiskusikan hal tersebut. Dengan demikian, atasan Anda tidak akan kaget ketika Anda menemuinya untuk membicarakan perihal gaji.

5. Mempertimbangkan Cara Penyampaian

Ketika waktunya tiba, Anda tentu saja akan merasa gugup. Namun, yakinkan diri Anda untuk tetap terlihat percaya diri. Duduk dengan tegak, tataplah mata atasan, dan jangan gelisah. Bicara dengan perlahan tapi nada yang tegas. Hindari tertawa dan buatlah pandangan fokus ke depan. Anda juga dapat menggunakan gestur tangan ketika menjelaskan beberapa alasan Anda. Pastikan Anda merasa nyaman dan yakin dengan apa yang Anda ingin sampaikan.


Demikianlah 5 cara yang dapat Anda terapkan ketika Anda ingin melakukan negosiasi naik gaji. Ingatlah bahwa Anda sedang melakukan ini untuk kebaikan Anda sendiri, jadi jangan sampai Anda terkesan memaksa perusahaan untuk menaikkan gaji Anda. Lakukan ini karena prestasi dan performa Anda layak diapresiasi dengan lebih baik lagi oleh perusahaan. Semoga beruntung.