-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Keuangan Setelah Gajian | Berikut Tipsnya

Sebaik apakah kita dalam mengatur keuangan? Apakah kita selalu kehabisan uang di akhir bulan? Atau kita tidak pernah kekurangan uang kapanpun itu? Banyak dari kita menganggap bahwa memiliki keuangan yang baik adalah hal yang tidak mungkin. Mampu mengatur keuangan tidak berarti harus memiliki kemampuan matematika yang mumpuni. Kita cukup memiliki kemampuan dasar menghitung seperti tambah (+) dan kurang (-). Sebenarnya, kemampuan terpenting dalam mengatur keuangan adalah manajemen atau pengelolaan. 

Ketika kita menerima gaji bulanan di awal bulan, kita sering tergoda untuk membelanjakan dan menghabiskannya. Kita lupa kalau gaji yang kita terima bukan hal permanen. Kemudian, kita berjanji dengan diri sendiri untuk tidak mengulanginya di bulan berikutnya. Namun, ketika bulan baru tiba, kebiasaan menghabiskan gaji di awal bulan kembali terulang. Sebelum kita dapat memiliki keuangan yang baik, kita perlu terlebih dulu memahami kebutuhan dasar kita, menuliskan daftar pengeluaran, dan membuat rencana keuangan yang baik. Daftar tersebut termasuk uang sewa tempat tinggal, biaya pemeliharaan (listrik dan air), belanja kebutuhan sehari-hari, cicilan mobil atau HP, dan lainnya. Ikuti langkah-langkah berikut agar kita dapat benar-benar mengatur keuangan dengan baik:

Buat Budget dan Rencanakan Pengeluaran di Awal

Kebanyakan dari kita menganggap budgeting tidak penting, sehingga cara kita menggunakan uang sering sekali tidak terkontrol. Kita bisa saja menganggap proses budgeting dan merencanakan pengeluaran di awal bulan terasa membosankan. Padahal, dengan membuat budget, kita juga sedang melakukan review atas pengeluarkan kita di bulan sebelumnya. Poin paling krusial dari perencanaan di awal adalah menghitung berapa banyak uang yang wajib dikeluarkan, berapa yang bisa ditabung, dan berapa yang bisa digunakan untuk hiburan. Dengan membuat rencana, kita bisa selalu membuat pertimbangan sebelum membeli sesuatu: apakah memang sudah ada di budget atau hanya sekedar lapar mata?

Buat Komitmen Menabung Secara Rutin

Setelah melakukan perencanaan pengeluaran, buatlah komitmen untuk menyetor sejumlah uang ke rekening tabungan secara rutin (bisa tiap bulan atau minggu). Tabungan adalah hal sangat penting untuk masa depan kita. Kita tidak tahu kapan kita akan sakit atau tiba-tiba ada sesuatu yang tak terduga, bukan? Oleh karena itu, kita perlu memiliki tabungan untuk persiapan ketika hal-hal itu terjadi. Bila menabung memang dirasa sulit, kita bisa membuat tabungan bulanan otomatis yang menjadi program dari beberapa bank.

Kurangi Belanja dengan Kartu Kredit

Kartu kredit memang memudahkan banyak hal, seperti membayar kebutuhan, melakukan belanja online, dan lainnya. Namun, karena kemudahan itu, kita sering kali menggunakan kartu kredit tanpa mempertimbangkan bagaimana kita akan membayar tagihan tersebut kelak. Kita pun menjadi tidak terkontrol ketika belanja, yang kemudian membuat pemasukan dan pengeluaran kita menjadi tidak seimbang. Hindari penggunaan kartu kredit untuk keinginan jangka pendek.

Belajar Terbiasa Mengatur Uang dalam Hal Sepele

"Bisa karena Biasa" adalah ungkapan yang sangat umum. Tapi, memang begitulah prakteknya. Pada awalnya, menabung gaji tepat saat gajian terasa sulit. Pasti ada saja godaan untuk membelanjakannya. Kita mungkin tidak terbiasa untuk membuat rencana jauh ke depan dan mengesampingkan barang-barang tidak penting yang tidak perlu dibeli. Namun, ketika kita menyadari penuh nilai setiap sen uang yang kita miliki, kita pasti akan mampu menggunakannya dengan lebih bijak. Jadikan mengatur uang kebiasaan harian kita. Ketika kita sudah mampu menerapkannya, kita akan mampu memiliki keuangan yang baik.

Jangan Utang

Melunasi utang kita adalah cara lain dari menabung. Utang selalu menjadi penghambat keuangan yang baik. Sehingga membayar utang secepat mungkin adalah solusi untuk memiliki keuangan yang bagus pengelolaannya. Jadi, setelah utangmu lunas, hindari mengambil utang lagi ya.


Demikian tips mengatur keuangan yang baik setelah gajian. Ingat! Keuangan yang baik akan tercipta ketika kita tidak hanya memikirkan keinginan jangka pendek. Selalu rencanakan dan pertimbangkan setiap pemasukan dan pengeluaran kita. Dengan begitu, kita dapat mengelolanya dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengatur Keuangan Setelah Gajian | Berikut Tipsnya"