-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui 7 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Dan Paling Dicari Perusahaan

Untuk para pekerja dan pencari kerja, memiliki hard skill dan soft skill yang mumpuni sangatlah penting. Meskipun kalian telah memiliki hard skill atau kemampuan utama di bidang yang kalian kuasai (misalnya kemampuan akuntansi, teknisi, dan lainnya), ternyata soft skill juga sangat dipertimbangkan. Soft skill adalah keterampilan yang berhubungan dengan keterampilan pribadi seperti kemampuan public speaking, kreativitas, komunikasi, dan lain-lain. Semakin berkembangnya zaman, perusahaan mulai mempekerjakan orang-orang dengan soft skill tertentu agar perusahaan dapat terus berkembang. Menurut The World Economic Forum, berikut adalah 8 soft skill yang paling dibutuhkan di tahun 2020-2022:

Ketahui 7 Soft Skill yang Wajib Dimiliki dan Paling Dicari Perusahaan


1. Problem Solving 

Kemampuan problem solving atau memecahkan masalah terdiri dari kemampuan mengidentifikasi masalah, meninjau, mengelola pilihan untuk jalan keluar, mengimplementasikan jalan keluar tersebut, hingga melakukan evaluasi akan keputusan yang sudah diambil. Kemampuan memecahkan masalah ini sangat diperlukan agar masalah yang muncul saat bekerja dapat segera diselesaikan dan pekerjaan menjadi lancar.

2. Critical Thinking

Kemampuan critical thinking atau berpikir kritis adalah suatu kemampuan tentang memilikirkan suatu hal secara logis dan mendalam. Ketika seseorang memiliki kemampuan ini, ia dapat melihat suatu masalah dari berbagai sisi dan kemudian melakukan analisa. Dengan demikian, ia akan fokus mencari akar penyebab, menyediakan solusi yang efisien, dan mengimplementasikan pemikiran yang inovatif.

3. Creative

Di era yang serba canggih ini, banyak pekerjaan yang sudah digantikan dengan teknologi. Oleh karena itu, kemampuan kreatif ini wajib dimiliki oleh setiap pekerja. Terus asah kreativitas kalian ya. Jangan hanya terpaku dengan ide yang itu-itu saja. Terus berinovasi dan kembangkan kemampuan kreativitas.

4. Leadership

Kemampuan memimpin adalah salah satu kunci penting dalam bekerja. Ketika kalian memiliki karakter pemimpin, kalian adalah pribadi yang bertanggungjawab, bekerja keras, mau mendengarkan, objektif, mau mengikuti semua proses yang dikerjakan rekan kerja atau bawahan kalian (tidak hanya sekedar menyuruh-nyuruh). Bila kalian masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, asahlah kemampuan kepemimpinan kalian dengan aktif mengikuti komunitas atau organisasi.

5. Emotional Intelligence

Memiliki kecerdasan emosional sangatlah penting. Untuk yang belum tau, kecerdasan emosional adalah kemampuan mengolah emosi dalam diri. Orang-orang yang mampu mengatur emosi saat senang, sedih, marah, kecewa, dan lainnya di situasi apapun adalah mereka yang telah memiliki kemampuan kecerdasan emosional ini. Kalian juga harus memilikinya ya, agar bisa menjadi pekerja yang tetap profesional meskipun dihadang berbagai masalah di luar kantor.

6. Decision Making

Saat bekerja nanti, kalian akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Mengambil keputusan yang terbaik tidaklah terjadi begitu saja. Kalian harus melatih kemampuan pengambilan keputusan. Caranya bagaimana? Berlatih menuliskan kelebihan (plus) atau kekurangan (minus) dari setiap pilihan yang ada. Setelah itu, lakukan pertimbangan untuk pilihan dengan minus paling sedikit. Setelah kalian yakin, ambillah keputusan yang terbaik menurut kalian.

7. Public Speaking

Kemampuan berbicara di depan umum terdengar sudah biasa. Namun, jangan salah! Banyak orang masih sangat takut berbicara di muka umum. Ada yang karena malu, takut salah, belum memiliki pengalaman, dan banyak alasan lainnya. Soft skill yang satu ini wajib kalian miliki bila ingin sukses dalam bekerja. Mengapa? Karena kalian memerlukannya saat menghadiri rapat, melakukan presentasi kinerja, menjadi pembicara saat ada giliran, dan tentunya untuk meningkatkan kepercayaan diri.


Demikianlah soft skill atau keterampilan yang wajib kalian miliki dan paling dicari saat melamar ke suatu perusahaan. Persiapkan diri dan bekali diri dengan berbagai macam keterampilan agar bisa dilirik dan dipertahankan perusahaan ya. Terus kembangkan diri kalian dan semangat!