-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Tips Presentasi Optimal melalui Aplikasi Zoom

Di tengah pandemi, semua meeting alias rapat diubah dari yang tatap muka menjadi daring (atau online). Tidak mudah bagi kita yang belum terbiasa untuk melakukan presentasi di depan layar PC atau laptop. Ketika kita biasanya melakukan presentasi di kantor atau di sekolah, saat ini presentasi harus dilakukan dari rumah dan tanpa penonton langsung. Percaya diri tidak lagi menjadi kunci satu-satunya untuk bisa menampilkan presentasi yang terbaik. Simak 5 tips berikut agar kamu bisa menampilkan presentasi secara optimal melalui aplikasi Zoom:

Pastikan Kamu Menguasai Materi Presentasi

Menguasai isi materi adalah suatu keharusan baik saat melakukan presentasi tatap muka atau daring. Yang berbeda dari presentasi tatap muka dan daring adalah respon dari peserta. Para peserta yang mengikuti presentasi daring cenderung untuk mematikan kamera mereka dan beberapa dari mereka bisa jadi sambil melakukan aktivitas lain. Oleh karena itu, apabila kita hanya terpaku pada PowerPoint, presentasi akan menjadi sangat membosankan. Ketika kita memahami sepenuhnya materi presentasi kita, kita dapat menjelaskan dengan baik dan juga melakukan interaksi dengan peserta, sehingga presentasi pun menjadi lebih menarik. 

Siapkan perencanaan yang baik untuk presentasi kita: mulai dari bagaimana kita akan menyapa peserta, transisi dari setiap poin materi, hingga penutup. Apabila ada sesi tanya-jawab, pastikan kita sudah menyiapkan beberapa kemungkinan pertanyaan agar kita dapat menyelesaikan presentasi kita dengan baik dan berkesan.

Bisa karena Biasa

Bila kita sudah menguasai materi kita, sekarang saatnya menjadi terbiasa dengan latihan. Latihan sangat penting agar pikiran dan mulut kita terbiasa untuk bekerja bersamaan. Beberapa di antara kita mungkin merasa aneh untuk berlatih presentasi sendirian di Zoom. Namun, percayalah, ketika kita telah melakukan latihan beberapa kali, dampaknya akan terasa saat kita presentasi sungguhan. Tidak ada penampil di atas panggung yang tidak latihan, bukan? Lagipula, Zoom cocok sekali untuk digunakan saat latihan karena kita dapat mengadakan meeting seorang diri, merekamnya, dan menonton ulang untuk evaluasi. Dengan demikian, presentasi sungguhan tidak akan semenakutkan yang kita bayangkan.

Kuasai Teknis Aplikasi Zoom yang berkaitan dengan Presentasi

Ketika kita melakukan presentasi menggunakan Zoom, pastikan kita menguasai bagaimana cara melakukan share screen, share computer sound, mute dan unmute, mengganti virtual background, hingga breakout room. Apabila kita belum mengetahui teknis-teknis penting aplikasi Zoom, kita bisa jadi keteteran saat presentasi tidak berjalan lancar. Jangan ragu untuk meminta bantuan rekan kerja, guru, atau moderator saat hal demikian terjadi. 

Perhatikan Postur Tubuh

Apabila presentasi yang akan kita bawakan adalah presentasi penting (misalnya menyampaikan laporan bulanan atau proposal acara), lakukan presentasi dengan postur berdiri. Mengapa? Dengan berdiri, kita akan menjadi lebih percaya diri karena kita dapat bernafas dengan lebih mudah dan menggunakan gestur yang lebih santai. Berdiri juga dapat membawa energi masif dalam tubuh kita dan memaksimalkan suara kita.

Gunakan Microphone yang Mendukung

Sebagai presenter, memastikan bahwa suara kita dapat terdengar oleh para peserta meeting sangatlah penting. Sebelum rapat dimulai, lakukanlah testing suara dengan klik anak panah di samping mic (bagian kiri bawah) lalu klik Test Speaker & Microphone. Bila suara belum terdengar jelas, coba gunakan microphone dari headset. Bila suara kita sudah terdengar jelas, the show is ours!


Itulah 5 tips sederhana yang bisa diterapkan untuk memberikan presentasi yang optimal melalui aplikasi Zoom meeting. Selalu jaga kesehatan dan semoga presentasimu dapat berjalan lancar!

Post a Comment for "Beberapa Tips Presentasi Optimal melalui Aplikasi Zoom"