-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Cara Tepat Mengatasi HP Lemot Dengan Mudah

11 Cara Tepat Mengatasi HP Lemot dengan Simpel

Handphone yang kamu gunakan, seiring berjalannya waktu akan mengalami penurunan performa. Akibatnya, handphone menjadi lemot saat digunakan dan membuat penggunanya kesal.

Ini berlaku untuk handphone apapun. Dari handphone murah maupun mahal. Maka itu, kamu harus rutin melakukan perawatan terhadap hanphone kamu supaya terhindar dari kerusakan.

Handphone lemot bisa disebabkan oleh banyak faktor,
 
..seperti aplikasi yang terlalu banyak, RAM yang terbatas, dan bisa juga karena update system operasi yang tidak sesuai.
 
Tapi, ada faktor yang paling berpengaruh sehingga menyebabkan handphone kamu jadi lemot, yaitu pemakaian dan perawatan yang buruk. 
 
Jangan berharap bisa main Game PUBG tanpa lag, kalau kamu mainnya sambil di-charge.
 
Maka itu, sangat diperlukan perawatan yang tepat untuk handphone supaya performanya tetap bagus walaupun sudah digunakan puluhan tahun.
 
Hal yang harus diperhatikan untuk mengatasi handphone yang lemot, yaitu kinerja baterai, kekuatan sinyal, dan juga memori sistem.
 
Kinerja baterai yang menurun bahkan mengalami kebocoran, merupakan faktor utama penyebab handphone lemot hingga rusak. 
 
Sebaiknya, jangan memainkan handphone saat sedang di-charge, lalu gunakan aplikasi untuk perawatan terhap baterai seperti battery saver.
 
Selain itu, perhatikan juga kekuatan sinyal internet anda. Frekuensi sinyal yang kecil akan membuat handphone bekerja lebih keras untuk tetap mempertahankan sinyal. 
 
Satu-satunya cara untuk memperbaiki sinyal adalah dengan mengganti provider internet yang jangkauan sinyalnya lebih luas, misalnya XL dan Telkomsel.
 
Ada juga beberapa cara ampuh lainnya untuk mengatasi handphone lemot. Seperti berikut ini,
 
Memori yang penuh akan membuat handphone bekerja lebih keras. Untuk mengatasi handphone yang lemot.

1. Selalu responsif terhadap memori

Kamu harus terlebih dahulu mengatasi memori handphone kamu yang sedang penuh.
 
Caranya yaitu dengan selalu memperhatikan memori handphone kamu setiap hari. Sebaiknya hapus aplikasi yang tidak digunakan. 
 
Nonaktifkan juga aplikasi bawaan yang mungkin tidak dipakai seperti Google Play Film dan sejenisnya.
 
11 Cara Tepat Mengatasi HP Lemot dengan Simpel
 
Bila perlu bersihkan juga cache aplikasi secara rutin. Pergi ke pengaturan > Aplikasi & notifikasi > Pilih aplikasi yang ukurannya cukup besar > hapus cache. 

Waktu yang paling tepat untuk menghapus cache, yakni sebelum tidur, sehingga handphone bisa bekerja dengan baik saat kamu menggunakannya setelah bangun tidur.


2. Gunakan cleaner atau pembersih

Cleaner atau pembersih memang terkadang diperlukan untuk membersihkan memori handphone yang dipenuhi file sampah.
 
Ada banyak sekali pilihan cleaner yang bisa kamu instal di handphone. Aplkasi pembersih memori yang paling direkomendasikan yaitu CC Cleaner. 
 
CC Cleaner memiliki pengalaman membersihkan yang cukup baik karena awalnya ditujukan untuk sistem Komputer windows. Seiring berjalannya waktu, CC Cleaner terus berbenah dan bertransformasi untuk sistem android.
 
Menggunakan cleaner di handphone, sama saja dengan melakukan investasi jangka panjang untuk handphone anda. Cleaner juga merupakan perawatan otomatis yang bisa kamu jalankan dengan sekali tap.
 

3. Install greenify

Kini greenify tersedia untuk handphone tanpa root. 
 
Greenify berfungsi untuk menghentikan dan menghibernasikan aplikasi yang sedang berjalan di background handphone. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana namun dengan efek yang luar biasa.
 
Buka aplikasi greenify yang telah diinstall, kemudian izinkan akses greenify pada pengaturan aksebilitas. Cukup dengan mengikuti panduan setelah kamu install greenify.
 
Pilih aplikasi yang ingin diistirahatkan, lalu tap 'hybernate'. Maka aplikasi tersebut akan secara otomatis berhenti dan tidak lagi berjalan di RAM handphone kamu.
 
Ini akan mengurangi pemakaian RAM Handphone kamu sehingga performanya semakin baik dan lancar.
 

4. Tambahkan SD Card yang cukup besar

File yang tersimpan seperti foto, video, dan dokumen pada memori internal. Akan menjadikannya cepat penuh dan membebankan kinerja handphone.

Gunakan SD Card untuk menyimpan file tersebut, tentunya dengan kapasitas yang cukup besar sekitar 32 atau 64 GB. 
 
Pindahkan file tersebut pada SD Card yang telah dipasang. Sehingga memori internal khusus digunakan untuk menyimpan aplikasi saja.
 

5. Gunakan 1 antivirus

Sebagai proteksi tambahan untuk handphone kamu dari virus yang bisa membuat kamu lemot. Instal antivirus yang tersedia di Google Play Store seperti Avast Antivirus.

Antivirus akan memblokir akses apikasi yang tidak dikenal masuk ke handphone kita. Ini juga akan memindai keamanan file yang ditransfer ke hanphone kamu. 
 
Kelemahannya, antivirus selalu berjalan di latar belakang handphone.
 
Jadi, terserah kamu, mau memasang antivirus atau tidak, sebab android biasanya jarang diserang virus tidak sama halnya dengan sistem komputer yang sangat membutuhkan antivirus.
 

6. Update aplikasi

Developer aplikasi akan melakukan perbaikan dalam jangka waktu tertentu, mereka akan mengevaluasi kesalahan sistem pada suatu aplikasi.
 
Sebagai user, kamu harus selalu update aplikasi kamu ke versi terbaru. Karena biasanya akan ada pembaruan dan perbaikan masalah pada versi sebelumnya seperti bug, pemakaian RAM yang boros, dan sejenisnya.
 
Untuk kamu yang menggunakan WIFI bisa menggunakan fitur update otomatis di Google Play Store. Penggunaan data tidak disarankan dalam meng-update aplikasi karena akan menyebabkan pemborosan kuota internet.
 

7. Matikan animasi di android

Animasi memerlukan RAM yang kosong untuk bekerja, biasanya berupa efek slide saat kita menggeser layar. 
 
Ini tidak begitu penting,,
 
Nah, daripada RAM tersebut digunakan untuk menjalankan hal tersebut. Kamu bisa mematikan animasi di handphone kamu, caranya...
 
Pengaturan > sistem, lalu tap 7x pada nomor build hingga muncul tulisan "selamat kamu adalah pengembang".
 
Kemudian masuk opsi developer, lalu ubah nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke nilai terkecil, atau dimatikan saja.
11 Cara Tepat Mengatasi HP Lemot dengan Simpel

8. Matikan fitur auto-sync

Untuk kamu yang menggunakan handphone hanya sekedar bermain game atau media sosial, sebaiknya matikan fitur auto-sync.
 
Selain menguras baterai, fitur tersebut akan membuat handphone kamu lag. Karena secara otomatis, sinkronisasi akun akan terus berjalan dan memakan RAM.
 
Padahal, tidak ada email penting yang masuk ke G-mail.
 
Untuk mematikan auto-sync secara instan, kamu bisa menginstal aplikasi Accounts Synce Profiler di Google Play Store.
 
Atau...
 
Bisa juga dengan pergi ke pengaturan > Akun > matikan sinkronisasi.
 
11 Cara Tepat Mengatasi HP Lemot dengan Simpel
 

9. Import launcher yang ringan

Beberapa vendor smartphone biasanya akan mendesain launcher atau tampilan muka dengan sangat indah, namun tak jarang memakan kapasitas RAM.
 
Maka itu, kamu perlu instal aplikasi launcher yang lebih simpel dan ringan di Google Play Store. Desktop Mini merupakan launcher yang sangat disarankan karena berukuran sangat kecil yaitu 204 kb.
 
Selain itu, tampilannya juga sangat minimalis. Ada beberapa fitur yang admin sukai dari launcher ini yaitu fitur kuncui aplikasi. 
 
Jadi, kamu tidak usah khawatir ada orang yang iseng membuka-buka aplikasi di Handphone Kamu.
 

10. Selalu Update software

Selain update aplikasi, pembaharuan software atau perangkat lunak juga diperlukan untuk mengatasi handphone kamu yang lemot.
 
Pihak developer tentu akan melakukan yang terbaik dan melakukan perbaikan sistem saat adanya pembaharuan software. 
 
Walau terkadang ukuran downloadnya besar sekitar beberapa GB namun tak masalah, karena perfoma smartphone akan semakin membaik ketika kita mengupdate-nya secara berkala.
 

11. Factory Reset

Pilihan terakhir yang terbaik untuk mengatasi HP yang lemot adalah dengan melakukan reset pabrik pada Handphone.
 
Mengingat banyaknya File sampah yang menumpuk hingga memberatkan kinerja handphone kamu.
 
Tapi, jangan lupa untuk melakukan back-up pada file penting sebelum melakukan reset. Kamu bisa memindahkan file tersebut pada platform lain seperti PC atau bisa juga flashdisk.
 
Ada kemudahan dalam memback-up file yaitu dengan menggunakan Google Drive.
 
Setelah di-reset, maka handphone akan layaknya pertama kali beli. Pada momen inilah, kamu mengevaluasi cara pemakaian dan perawatan kamu terhadap handphone tersebut.
 
Perlakukanlah handphone seperti pacar sendiri, sehingga handphone akan memberikan layanan sebagaimana kamu memperlakukannya.

 

Kesimpulan

Handphone yang lemot biasanya hanya membutuhkan perawatan yang benar, seperti tidak menggunakannya saat sedang di-charge atau mematikannya saat tidak digunakan.
 
Namun, apabila sudah mengarah kepada kerusakan seperti black screen atau bootloop, maka sebaiknya lakukan konsultasi ke konter atau penyedia jasa service handphone.
 
Jika terus dibiarkan, handphone akan mengalami penurunan performa yang drastis dan tak jarang mengalami mati total.

Post a Comment for "11 Cara Tepat Mengatasi HP Lemot Dengan Mudah"