Mulai Kehilangan Motivasi Bekerja? Simak Tips Berikut - Insekuy -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mulai Kehilangan Motivasi Bekerja? Simak Tips Berikut

Halo semua! Bagaimana rasanya bekerja di kala pandemi? Apakah sudah mulai terbiasa bekerja dari rumah? Terbiasa melakukan rapat mingguan lewat Zoom Meeting? Terbiasa tidak bertemu rekan kerja secara langsung? Bagaimana kabarnya nih? Beberapa mulai terbiasa dan nyaman dengan situasi saat ini, beberapa sebaliknya: merasa tidak lagi bersemangat dan bergairah dalam bekerja. Faktor-faktor apa saja yang bisa membuat para pekerja kehilangan motivasi bekerja? Mulai dari minimnya interaksi langsung dengan rekan kerja, kerjaan tiada henti dari atasan, lingkungan rumah yang tidak menunjang bekerja dari rumah, hingga faktor internal dari diri sendiri. Oleh karena itu, simak tips berikut untuk kembali menumbuhkan motivasi bekerja.

Buat Tujuan Bekerja menjadi Lebih Bermakna

Saat kamu melamar kerja, apa yang menjadi tujuanmu? Apakah untuk mencari pengalaman? Untuk mendapat gaji dan memenuhi kebutuhan sehari-hari? Untuk memperluas jaringan? Kembali renungkan tujuan awalmu saat bekerja. Setelah merenungkannya, buatlah tujuan tersebut menjadi lebih bermakna. Bila perlu, kamu bisa menanyakan ke atasan atau rekan kerjamu apa visi misi perusahaan, dan kamu dapat menghubungkan tujuan pribadi dan perusahaan. 

Buatlah tujuan bekerja yang menyenangkan, seperti untuk menabung jalan-jalan ke luar negeri, untuk membelikan sesuatu yang spesial untuk orang tua atau anak, untuk menabung jangka panjang agar dapat pensiun dini. Pikirkanlah tujuan ke depan yang dapat membuatmu bahagia dalam menjalani pekerjaan yang kamu kerjakan setiap hari. Dengan begitu, motivasi bekerja akan kembali tumbuh dan terjaga di dalam diri.

Pola Pikir: Bekerja bukan Beban

Pasang pola pikir bahwa bekerja bukanlah beban. Memang... terkadang berat rasanya untuk bangun tidur dan melakukan rutinitas yang sama: pergi ke kantor, menelpon klien atau mengerjakan proyek, rapat, mengerjakan laporan, pulang ke rumah, dan begitu seterusnya. Bila yang kamu ingat dari bekerja hanyalah hal-hal yang berat dan membosankan, tentu pola pikirmu akan berpikir demikian. Yuk... mulai tanamkan pola pikir yang baru: "Bekerja adalah suatu aktivitas yang menyenangkan. Saya dapat bertemu banyak orang, menghasilkan uang, mengasah kemampuan berpikir kritis saya, melatih diri saya menjadi pemimpin yang baik, dan tentunya bersenang-senang saat ada waktu luang".

Mulai Kehilangan Motivasi Bekerja? Simak Tips Berikut.

Seimbangkan Kerja dan Istirahat

Satu hal yang sering membuat motivasi bekerja hilang adalah kelelahan bekerja. Sebagai manusia normal, kamu butuh istirahat cukup. Sayangnya, karena terlalu fokus bekerja, kamu sering lupa untuk beristirahat dan akhirnya tubuh menjadi lelah. Ketika tubuh kelelahan, pikiran dan semangat pun ikut menurun. Oleh karena itu, pastikan kamu mempunyai waktu bekerja dan istirahat yang seimbang. Ketika waktu bekerja telah selesai, usahakan untuk tidak lagi memeriksa pekerjaan. Lakukan itu keesokan harinya. Gunakan waktu istirahat dan hari libur untuk menyegarkan pikiran. Dengan begitu, tubuh dan pikiran akan kembali bersemangat ketika waktu bekerja tiba.

Berikan Penghargaan (Reward) pada Diri Sendiri

Masih ingat poin 1 di atas tentang tujuan bekerja? Ketika tujuan pribadi atau perusahaan tercapai, berikanlah penghargaan untuk diri sendiri. Memberi penghargaan pada usaha dan kerja kerasmu akan membawa pemantik untuk terus bersemangat dalam bekerja. Bila kamu suka kuliner, kamu bisa makan di cafe/restoran yang enak. Bila kamu suka belanja, kamu bisa membeli suatu barang yang bisa menaikkan mood. Bisa sekali hingga 2 kali dalam sebulan. Jangan sampai keseringan juga ya? Kalau keseringan, jadinya boros dan konsumtif. Malah bisa membawa masalah baru, yaitu stres karena keuangan tidak baik. Beri reward pada hasil kerja keras diri sendiri secukupnya saja.

Yuk kita menjaga motivasi bekerja agar terus bisa memberikan yang terbaik di tempat kerja. Ketika motivasi mulai hilang, istirahat sejenak dan praktekkan tips menumbuhkan motivasi bekerja di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Mulai Kehilangan Motivasi Bekerja? Simak Tips Berikut"