-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membuat Profil LinkedIn Menarik Dan Dilirik Para Rekruter

Bagi para pekerja aktif dan pelamar kerja, situs LinkedIn bukan lagi hal baru ataupun asing. Diluncurkan pada tahun 2003, jumlah pengguna LinkedIn hingga Januari 2020 sudah mencapai 34% jumlah populasi dunia! LinkedIn adalah situs jejaring sosial dalam dunia profesional di mana tampilannya seperti CV versi online. Apabila kamu sekarang sedang mencari pekerjaan, kamu dapat menelusuri perusahaan sesuai dengan bidang yang kamu minati. Kamu bisa menuliskan semua potensi dirimu yang dapat menarik perhatian para rekruter perusahaan untuk mempekerjakan kamu. 

Di zaman modern ini, perusahaan yang membutuhkan bakat baru tinggal mencari calon yang berkompeten melalui profil orang-orang yang ada di LinkedIn. Artinya, apabila kamu memiliki profil diri yang menarik, kamu dapat bekerja di perusahaan impian kamu tanpa perlu melamar! Para rekruter perusahaan percaya bahwa LinkedIn adalah media paling efektif untuk mencari calon pekerja yang potensial. LinkedIn adalah sumber daya yang sangat diandalkan saat ini

Bila kamu ingin dilirik oleh para rekruter, kamu harus bisa menggunakan kata kunci yang relevan. Kamu juga harus membuat akun profil LinkedIn-mu menarik. Yuk simak beberapa tips berikut untuk  membuat profil LinkedIn menjadi menarik sehingga kamu bisa dilirik para rekruter.

Gunakan Foto Profil yang Profesional

Sebagai media yang digunakan untuk tujuan profesional, pastikan kamu memilih foto di mana kamu mengenakan baju rapi dan terlihat menarik. Gunakan foto dengan kualitas tinggi. Foto profil yang profesional bukan berarti bahwa kamu harus mengenakan jas. Yang penting adalah kamu terlihat sopan dan formal. 

Gunakan Headline Profil yang Mewakili Kamu

Setelah memilih foto profil, sekarang saatnya membuat headline untuk profilmu. Headline ini sangat penting untuk membuat para rekruter melirik profilmu. Buatlah headline yang singkat dan sangat mewakili kamu / karir yang kamu kejar / pengalaman kamu. Misalnya, 'perencana keuangan' atau 'Content Writer di Insekuy.com'. Pastikan headline yang kamu buat jujur dan bukan bohongan/buatan ya!
 

Tambahkan Lima Keahlian

Ada berbagai jenis keahlian yang bisa kamu isi di LinkedIn. Mulai dari keahlian di Microsoft Word, Excel, berbagai bahasa misalnya English / France / Chinese atau lainnya, Data Analysis, Research, Writing, Public Speaking, dan banyak lagi. Dengan memiliki beragam keahlian, pilih minimal 5, profil LinkedIn-mu akan menjadi sangat menarik. Untuk menambah kredibilitas, kamu bisa meminta temanmu untuk meng-endorse keahlian tersebut di profilmu.

Aktif Memberi Tanggapan dalam Berbagai Postingan

LinkedIn memiliki tampilan seperti Facebook, di mana kamu dan orang lain dapat membuat postingan di Home atau Beranda. Untuk memperluas jaringanmu di LinkedIn, kamu harus aktif memberi tanggapan di postingan orang lain. Bisa dengan men-like atau meninggalkan komen. Komennya tidak harus yang serius banget kok, cukup mengucapkan Congratulations atau Selamat ketika teman atau kerabatmu mendapat pekerjaan baru atau naik jabatan.

Minta Rekomendasi pada Akun LinkedIn-mu

Salah satu fitur menarik di LinkedIn adalah fitur Rekomendasi. Kamu bisa meminta rekomendasi dari atasan atau teman kerja kamu saat kamu sedang magang. Secara tidak langsung, kamu menarik pada rekruter untuk melihat kemampuan dan kredibilitasmu dari pengalaman bekerjamu yang sebelumnya. Menarik, bukan? Tentunya kamu harus terus menjaga kualitasmu saat bekerja sehingga atasan dan rekanmu akan dengan senang hati menuliskan rekomendasi untukmu.


Untuk kamu yang sedang bekerja, maksimalkan profil LinkedInmu untuk peluang besar lain di masa depan. Untuk yang sedang mencari pekerjaan, teruslah giat membuat profil LinkedIn-mu menarik, sehingga pada akhirnya akan dilirik para rekruter dan kamu dapat lanjut ke proses wawancara.

Post a Comment for "Tips Membuat Profil LinkedIn Menarik Dan Dilirik Para Rekruter"