-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terbatas! Begini Cara Daftar Bansos UMKM Rp. 3,6 Juta Segera Cair

Terbatas Kuota! Bansos UMKM Rp. 3,6 Juta Segera Cair, Begini Cara Daftarnya

Bansos UMKM akan diberikan bagi penerima Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun 2020. Penerima BLT UMKM tahun lalu berkesempatan untuk mendapatkan lagi di tahun ini.

Meski begitu, bansos UMKM yang akan diterima menurun bila dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu hanya sebesar Rp1,2 juta saja hanya setengah nya bila di bandingkan dengan tahun lalu.

Namun jangan khawatir pemerintah masih berbaik hati kepada mereka para pelaku UMKM yang bisnis terkena dampak dari pendemi covid ini, Bansos UMKM yang akan di berikan akan di rapel dari tahun 2020.

Sehingga, bila ditotal mereka yang menerima BLT UMKM pada tahun ini juga, maka mendapatkan bantuan sebesar Rp3,6 juta dari pemerintah. Di mana jumlah itu berasal dari penjumlahan Rp2,4 juta tahun 2020 ditambah Rp1,2 juta tahun 2021.

Lalu, berapa jumlah pedagang yang menerima BLT UMKM Rp3,6 juta tersebut? Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya mengaku belum bisa membeberkan jumlah pelaku UMKM yang akan kembali menerima BLT pada tahun ini, karena sedang direkap oleh jajarannya.

Dia menyebut bila mereka yang terdaftar sebagai penerima BLT UMKM pada tahun lalu, tapi tak mendapatkan info untuk mendapatkan dana segar sebesar Rp1,2 juta, maka mereka hanya sebatas diusulkan saja oleh Dinas Koperasi dan UKM.

“Yang enggak dapat info menerima, diusulkan saja untuk 2021,” ujarnya. Sebelumnya, Pemerintah memutuskan untuk BLT UMKM pada tahun ini. Program BLT UMKM untuk 12,8 juta pelaku usaha mikro memiliki anggaran sebesar Rp15,36 triliun.

Untuk tahap I, telah tersedia anggaran sebesar Rp11,76 triliun bagi 9,8 juta pelaku usaha mikro.

Sebagai informasi, bagi mereka yang belum mendapatkan BLT UMKM pada tahun lalu, kini proses pengusulan BLT UMKM tahun 2021 dilakukan 1 pintu melalui dinas yang membidangi koperasi dan UKM kabupaten/kota yang selanjutnya disampaikan oleh dinas kabupaten/kota ke dinas yang membidangi koperasi dan UKM provinsi untuk dilanjutkan ke Kementerian Koperasi dan UKM bagian Deputi Bidang Usaha Mikro.

Bagi Anda yang memiliki usaha dan ingin mendapatkan BLT UMKM itu diharapkan untuk membaca segala persyaratan dan berkas untuk mendapatkan dana segar tersebut.

Adapun syarat untuk menerima BLT UMKM ini adalah sebagai berikut:

1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3. Memiliki Usaha Mikro

4. Bukan ASN, TNI/Polri, serta pegawai BUMN/BUMD

5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR

6. Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Cara mendafatar nya sebagai berikut:

  • Siapkan foto copy kartu tanda penduduk 1 lembar
  • Datang ke desa setempat untuk membuat SKU
  • Setelah selesai minta berkas pendaftaran Bansos UMKM ke desa setempat
  • Isi dengan teliti dan benar
  • Gabungkan foto copy KTP, SKU dan berkas pendaftaran
  • Jangan lupa beri nomer telepon supaya nanti ketika pemberitahuan lulus bisa langsung masuk lewat SMS
  • Serahkan dokumen tadi ke dinas UKM setempet

Segeralah mendaftar kerna kuota pendaftaran nya terbatas, tetapi tidak semua pendaftar akan mendapatkan bansos UMKM hanya pendaftar yang memenuhi syarat yang akan mendapatkan bansos UMKM.

Sumber : Okezone.com

Post a Comment for "Terbatas! Begini Cara Daftar Bansos UMKM Rp. 3,6 Juta Segera Cair"