Begini Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri dengan Mudah dan Cepat - Insekuy -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri dengan Mudah dan Cepat

Daftar BPJS Kesehatan Mandiri dengan Mudah dan Cepat

Daftar BPJS kesehatan mandiri
sebenarnya sangat mudah. Seperti yang diketahui, BPJS merupakan sebuah upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia agar bisa menjamin kesehatan seluruh warga negara.

Pemerintah membentuk JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional dari program BPJS. BPJS kesehatan merupakan sebuah program pemerintah dengan bentuk asuransi kesehatan sehingga bisa memberi jaminan kesehatan dengan merata, adil serta komprehensif.

Program dari BPJS ini sudah diatur di dalam Undang-Undang. Tertuang dalam Undang-Undang Nomor 24, Tahun 2011 mengenai BPJS. Sekarang ini, BPJS bukan hanya bisa digunakan untuk sekeluarga, tetapi dapat diikuti secara perorangan.

Berkas yang Dibutuhkan untuk Daftar BPJS Kesehatan Mandiri

Banyak yang mengira jika pendaftaran BPJS mandiri sulit, sebenarnya langkah pendaftarannya sangat mudah. Agar tidak bolak-balik ke kantor, Anda bisa mengumpulkan berbagai macam berkas yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Berkas serta syarat yang harus disiapkan seperti fotocopy KTP serta KK satu lembar saja,. Kemudian fotokopi akta kelahiran, pas foto berukuran 3 X 4, 4 buah. Anda juga harus menyiapkan fotocopy buku rekening bank.

Buku rekening bank yang disiapkan bisa dari bank BRI, BRI, BNI, BTN maupun Mandiri. Sehingga, siapkan fotocopy buku rekening bank yang berasal dari bank BUMN.

Bila sekarang ini Anda sedang menempuh pendidikan, Anda dapat menyiapkan surat keterangan yang berasal dari sekolah maupun perguruan tinggi. Jika berbagai macam syarat berkas tersebut sudah dipenuhi dengan baik, pengajuan bisa dilakukan.

Prosedur Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Langsung

Anda dapat melakukan pendaftaran BPJS kesehatan secara langsung. Berikut alur pendaftaran yang dapat Anda ikuti:

  1. Anda bisa menuju ke kantor BPJS kesehatan yang paling dekat. Sebaiknya, peserta sendirilah yang melakukan pendaftaran ke kantor. 
  2. Isi formulir pendaftaran. Anda bisa memilih berapa kelas BPJS yang diingini serta mengisi faskes tingkat 1 yang akan dijadikan sebagai rujukan pertama. Karena Anda merupakan peserta mandiri, akan lebih baik memilih kelas BPJS 1 maupun kelas 2. 
  3. Serahkan berbagai macam berkas serta formulir yang sudah diisi pada petugas untuk dilakukan pemeriksaan. Anda juga harus mengambil nomor antrean pelayanan.
  4. Nantinya, calon peserta akan memperoleh virtual account serta informasi berapa besaran nominal yang harus dibayarkan dengan memilih kelas tersebut. Apabila Anda sudah menerima nomor virtual acoount, Anda harus melakukan pembayaran pertama.
  5. Tidak perlu khawatir, pembayaran iuran tidak dilakukan di saat itu, pembayaran iuran dilakukan paling lambat 14 hari kerja sesudah menerima virtual account. Pembayaran BPJS kesehatan paling lambat hingga 30 hari.
  6. Bila Anda sudah melakukan pembayaran, jangan lupa menyimpan bukti pembayaran. Ketika sudah melakukan pembayaran, Anda bisa menuju ke kantor BPJS yang digunakan untuk melakukan pendaftaran agar bisa mencetak kartu BPJS.

Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Secara Online

Selain melakukan pendaftaran dengan cara mandiri, Anda juga dapat melakukan pendaftaran secara online. Prosedur pendaftaran secara online bisa dilakukan jika Anda tidak mempunyai waktu yang cukup saat ingin melakukan pendaftaran langsung.

Jika ingin melakukan pendaftaran secara online, Anda bisa membuka web resmi yang disediakan oleh BPJS atau menggunakan aplikasi mobile JKN. Caranya tidak berbeda jauh dengan metode pendaftaran secara offline. Berikut langkahnya:

  1. Buka situs BPJS dan cari layanan pendaftaran online. layanan ini biasanya tampil pada halaman utama.
  2. Klik tombol pendaftaran agar bisa melanjutkan proses pendaftaran, Anda dapat melengkapi formulir dengan cara melengkapi nomor ponsel, nomor KK, nomor NPWP serta alamat peserta.
  3. Pilih dimana faskes pertama yang Anda ingini, upload foto peserta maksimal berukuran 50 kb. Klik selanjutnya kemudian lengkapi isian berupa kelas perawatan, nomor rekening, data keluarga serta alamat email.
  4. Kirim formulir dengan klik kirim email. Lakukan aktivasi nomor VA atau virtual account. Lakukan pembayaran melalui teller serta ATM yang melakukan kerjasama dengan BPJS.
  5. Simpan bukti pembayaran. Jika sudah melakukan pembayaran, Anda dapat mencetak e-ID dengan mandiri maupun mengambil kartu BPJS di kantor terdekat.

Apabila Anda memilih pendaftaran secara online, untuk pengambilan kartu bisa dilakukan dengan membawa berkas seperti foto, fotocopy KK dan KTP, hingga bukti pembayaran iuran. Setelah daftar BPJS kesehatan mandiri selesai dilakukan, layanan akan langsung aktif.

Post a Comment for "Begini Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri dengan Mudah dan Cepat"