-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pinjaman Dana Hibah Langsung Cair dengan Mudah

Pinjaman Dana Hibah Langsung Cair dengan Mudah
Saat ini untuk mendapatkan pinjaman dana hibah langsung cair bisa didapatkan dengan mudah. Dana hibah bisa didapatkan dari berbagai pihak, seperti dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, swasta dan lembaga lainnya.

Dana hibah adalah pemberian uang/barang atau jasa dari pemerintah kepada pemerintah daerah, perusahaan daerah, organisasi atau lembaga, serta masyarakat.

Bagi pemerintah, dana ini merupakan salah satu sumber APBN atau APBD yang digunakan untuk membiayai program-program daerah. Saat ini ada beragam jenis bantuan yang bisa didapatkan masyarakat.

Dana tersebut dapat digunakan untuk modal usaha, pendidikan, kesehatan,. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa dan bagaimana cara mendapatkan dan hibah, baik dari pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, dan lembaga sosial lainnya.

Mengenal Apa Itu Dana Hibah

Dana hibah merupakan pemberian dari pemerintah atau organisasi tertentu baik berupa uang maupun barang. Pemberiannya diberikan berdasarkan tujuannya. Pemberian bantuan bukan merupakan kewajiban bagi pemerintah untuk selalu memberikan kepada masyarakat.

Akan tetapi masyarakat harus melakukan pengajuan. Dana hibah tidak sama dengan bantuan sosial. Bantuan sosial merupakan pemberian dari pemerintah untuk individu, keluarga, kelompok atau masyarakat dengan tujuan mengurangi risiko sosial.

Dana hibah bisa diartikan sebagai hadiah atau pemberian dari pemerintah/swasta kepada pihak lain. Bantuan ini dibagi menjadi tiga bentuk, yaitu berupa uang, barang, dan jasa. Bantuan dalam bentuk jasa biasanya seperti penelitian, pelatihan, pendidikan, serta jasa lainnya.

Beberapa golongan bisa mendapatkan bantuan ini, diantaranya adalah pemerintah, pemerintah daerah lainnya, perusahaan daerah, organisasi kemasyarakatan, hingga masyarakat.

Pinjaman Dana Hibah Langsung Cair, Ini Syaratnya

Untuk mendapatkan pinjaman dana hibah langsung cair, Anda perlu memperhatikan persyaratannya. Syarat penerima bantuan untuk masyarakat adalah memiliki susunan pengurus, memiliki kedudukan di wilayah setempat.

Sementara syarat penerima bantuan untuk organisasi atau lembaga kemasyarakatan adalah secara administrasi sudah terdaftar dalam pemerintahan baik daerah maupun pusat, minimal 3 selama tahun.

Syarat selanjutnya berkedudukan dalam wilayah pemerintah daerah setempat, selain itu juga harus memiliki sekretariat tetap. Setelah mendapatkan dana hibah, penerima tidak diperbolehkan untuk sembarangan dalam menggunakan bantuan tersebut.

Penerima harus melakukan pelaporan atau pertanggungjawaban. Bagi penerima bantuan berupa uang, penerima memiliki kewajiban untuk memberikan laporan penggunaan kepada daerah setempat.

Bagi penerima bantuan berupa jasa, penerima memiliki kewajiban untuk menyampaikan laporan penggunaan bantuan kepada daerah.

Pengajuan Pinjaman Dana Hibah Langsung Cair

Untuk mendapatkan bantuan ini Anda harus melakukan pengajuan dan melengkapi berkas administrasi sesuai ketentuan, antara lain.

  1. Proposal pengajuan bantuan, didalamnya terdapat latar belakang, maksud, tujuan, rencana kegiatan, serta rencana penggunaan anggaran.
  2. Pakta integritas
  3. Surat pernyataan yang berisi bahwa pihak pemohon bersedia untuk di audit
  4. Untuk lembaga kemasyarakatan, harus melampirkan fotocopy akta pendirian
  5. Akta notaris mengenai bangunan dari lembaga
  6. Surat pernyataan bahwa bertanggungjawab terhadap dana hibah yang akan didapatkan
  7. NPWP
  8. Surat keterangan mengenai kependudukan atau domisili dari pemerintah setempat
  9. Fotocopy Surat Keterangan Terdaftar terlegalisir oleh aparat setempat
  10. Bagi lembaga yang belum memiliki gedung, menyertakan surat keterangan kontrak gedung atau bangunan
  11. Fotocopy KTP atas nama ketua atau sekretaris lembaga yang masih berlaku
  12. Salinan rekening bank yang masih aktif
  13. Surat pernyataan yang berisi bahwa penerima tidak sedang menerima bantuan lain untuk kegiatan setara.

Dengan melengkapi beberapa persyaratan atau dokumen tersebut Anda bisa mendapatkan pinjaman dana hibah yang langsung cair.

Namun perlu diingat bahwa setelah menerima bantuan ini Anda harus bertanggungjawab dan memberikan laporan kegiatan atau laporan pertanggungjawaban. Saat ini pemerintah telah banyak memberikan dana hibah bagi masyarakat atau lembaga tertentu.

Bagi masyarakat bantuan ini banyak digunakan untuk modal kerja. Dengan melengkapi persyaratan dan melalui proses, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana hibah langsung cair.

Post a Comment for "Pinjaman Dana Hibah Langsung Cair dengan Mudah"