Persyaratan Pinjaman Dana Hibah Online dan Cara Daftar - Insekuy -->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persyaratan Pinjaman Dana Hibah Online dan Cara Daftar

Persyaratan Pinjaman Dana Hibah Online dan Cara Daftar

Pinjaman dana hibah online
merupakan salah satu bentuk dari usaha pemerintah untuk memberikan bantuan terhadap masyarakat secara mudah dan cepat. Saat ini pengajuan untuk program bantuan atau dana hibah dapat dilakukan secara online.

Sehingga Anda tidak perlu datang ke kantor pemerintah setempat untuk mengajukannya. Salah satunya adalah pinjaman dana hibah secara online untuk Usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Bantuan ini diberikan kepada masyarakat atau lembaga.

Dana hibah merupakan pemberian yang berupa barang maupun jasa yang diberikan dari satu pihak ke pihak lainnya. Pemberian dana hibah ini tidak sama dengan bantuan sosial yang lainnya.

Jika bantuan sosial bertujuan untuk membantu masyarakat atau organisasi tertentu dalam menghadapi krisis sosial, maka dana hibah diberikan secara cuma-cuma. Perbedaan lainnya adalah, bantuan ini harus disertai dengan laporan pertanggungjawaban.

Sehingga penerima tidak serta-merta menggunakannya. Pemberi dana hibah bisa berasal dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan swasta, BUMN, atau lembaga organisasi tertentu.

Syarat Pinjaman Dana Hibah Online

Untuk mendapatkan dana hibah online, Anda harus melengkapi beberapa persyaratan, salah satunya adalah memiliki dokumen lengkap mengenai kependudukan. Salah satu dana hibah online adalah UMKM, Anda bisa mendaftarkannya secara online.

Pinjaman dana hibah online ini dapat diajukan kepada pemerintah, badan ekonomi kreatif, BUMN, hingga perusahaan swasta. Secara umum syarat penerima bantuan untuk masyarakat adalah memiliki surat yang dibutuhkan secara jelas.

Serta memiliki kedudukan di suatu daerah administrasi pada pemerintah. Sedangkan syarat bagi penerima untuk sebuah kelompok dalam masyarakat adalah sudah terdaftar secara resmi dalam pemerintah di daerah tersebut

Beberapa persyaratan untuk mendapatkan dana hibah dari pemerintah adalah sebagai berikut. 

1. Usia maksimal 45 tahun 

2. Secara individu memiliki rintisan usaha yang terbukti produktif, atau paling tidak usahanya sudah berjalan selama 6 bulan dan maksimal 3 tahun 

3. Sebelumnya belum menerima bantuan sejenis yang berasal dari UKM dan Kemenkop 

4. Memiliki pendidikan minimal SLTP/sederajat

5. Memiliki KTP elektronik yang masih berlaku

6. Pernah mengikuti pembekalan wirausaha 

7. Memiliki legalitas usaha serta surat keteran dari pemerintah setempat 

8. Memiliki rencana usaha dan rekening tabungan yang masih aktif

Selain UMKM, penyalur bantuan lainnya adalah Badan Ekonomi Kreatif. Bantuan dari badan ini berupa BIP atau Bantuan Intensif Pemerintah, bantuan dari badan ini adalah modal non-perbankan.

Modal non-perbankan adalah penambahan modal kerja beserta investasi aktiva tetap. Badan ini dapat mengalokasikan bantuan bagi tiap pelaku usaha dengan nominal Rp.200.000.000,-. Untuk mengajukan pinjamannya, Anda bisa melakukannya secara online.

Cara Daftar Pinjaman Dana Hibah Online Berupa UMKM

Salah satu dana hibah online yang bisa Anda dapatkan adalah UMKM. Untuk mulai mendaftar beberapa dokumen perlu Anda siapkan terlebih dahulu, diantaranya adalah. 

1. Nomor induk kependudukan (NIK)

2. Nomor kartu keluarga (KK)

3. Nama lengkap

4. Alamat tempat tinggal

5. Bidang usaha 

6. Nomor telepon

Setelah Anda mendaftar, kemudian isi formulir didalamnya sesuai dengan aplikasi. Pastikan bahwa data yang Anda isikan sudah lengkap dan benar. Untuk mendapatkan bantuan ini Anda harus sering melakukan pencarian di internet.

Karena tidak sedikit pihak yang memberikan pinjaman dana hibah secara online. Baik dari pemerintah, perusahaan swasta, maupun BUMN. Namun pastikan bahwa instansi pemberi bantuan tersebut legal dan diakui secara hukum.

Pemberi dana hibah biasanya akan memberikan pengumuman melalui website resmi mereka. Saat ini pengumuman penting sudah jarang berada di Koran atau edaran lainnya. Selain itu pemberi bantuan ini biasanya memberikan batas waktu.

Sehingga Anda harus selalu memastikan jangka waktu dari pengajuan bantuan tersebut. Siapkan beberapa dokumen serta persyaratan untuk mendapatkan pinjaman dana hibah online, sehingga pengajuan juga bisa diproses dengan cepat.

Post a Comment for "Persyaratan Pinjaman Dana Hibah Online dan Cara Daftar"